Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Samosir

Bupati Samosir Vandiko T Gultom ST bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Samosir di Tanah Lapang Pangururan, Rabu (17/8/2022).

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko T Gultom ST bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Samosir di Tanah Lapang Pangururan, Rabu (17/8/2022).

Turut hadir Wakil Bupati Samosir Drs Martua Sitanggang MM, Kapolres AKBP Josua Tampubolon MM, Ketua DPRD Sorta E Siahaan. Juga, Kasdim 0210/TU Mayor Arh AS Butarbutar SH, Kajari Samosir Andi Andikawira Putera SH MH, Pj Sekda Hotraja Sitanggang ST MM, dan Kalapas Pangururan Julius Barus SE MH. Kemudian, para SAB, asisten Setda Samosir, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Samosir, para kabag, dan Camat Pangururan. Serta, pimpinan BUMD/BUMN, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK, DWP, pimpinan ormas dan OKP.

Vandiko T Gultom menyampaikan bahwa Peringatan HUT Kemerdekaan RI mengingatkan perjuangan para pahlawan bangsa yang gugur di medan pertempuran. Dalam rangka memperjuangkan, mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. “Semangat juang dan kerelaan berkorban dari para pahlawan bangsa sudah sepantasnya harus kita hargai. Kita hormati dengan cara mengisi kemerdekaan sesuai dengan talenta dan profesi kita masing-masing,” katanya.

Tema Kemerdekaan

Kecintaan dan kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia akan menjadi semangat dalam diri masing-masing. Terutama apabila telah tercipta apa yang menjadi tema Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022. Yakni, ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’.

Sejalan dengan itu, Pemkab Samosir menetapkan subtema perayaan yakni: Dengan Semangat Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kita Tingkatkan Kinerja untuk Mewujudkan Samosir Sejahtera dan Bermartabat Secara Ekonomi, Kesehatan dan Pendidikan.

Ini mengandung makna bahwa HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 di tengah kondisi Pandemi Covid-19 yang belum pulih sepenuhnya saat ini, momentum yang baik agar bersama bahu, membahu antara seluruh masyarakat Samosir untuk mengisi kemerdekaan. Serta mewujudkan perubahan Kabupaten Samosir ke arah yang lebih baik. Yaitu merdeka dari kemiskinan, merdeka dari kebodohan, dan merdeka dari sakit penyakit.

Atas nama Pemkab Samosir, Vandiko mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang tetap menjaga situasi yang kondusif dan mengikuti anjuran pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari. “Saat ini kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Samosir. Mari lestarikan alam Samosir, anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa yang memesona. Untuk kita jaga kelestariannya sebagai kawasan Geopark Kaldera Toba, anggota UNESCO Global Geopark (UGG),” katanya.

Mengakhiri pidatonya, Bupati Samosir mengharapkan dukungan penuh, kerja nyata dan kerja ikhlas dari seluruh pihak, untuk mengambil peran. Baik sebagai motivator, fasilitator, maupun sebagai pelaksana dengan tindakan nyata untuk kemajuan Kabupaten Samosir.

Bupati Samosir bersama Wakil Bupati, unsur Forkopimda, dan pimpinan OPD juga mengikuti Upacara Detik-detik Proklamasi HUT ke-77 Kemerdekaan RI secara virtual. Upacara itu sendiri berlangsung di Istana Merdeka, yang ditayangkan melalui layar lebar di Rumah Dinas Bupati Samosir.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment